3 Alasan Pentingnya Membuat Blog Untuk Bisnis

Oleh Heni Prasetyo Rini - 13 Oktober 2018
387 kali telah dibaca

Apa bedanya blog dengan website? hal ini yang biasa ditanyakan di awal ketika orang mulai mengenal blog. Bahasa sederhananya begini saja, website adalah halaman elektronik untuk menyampaikan informasi yang harus diakses secara online di internet. Dan blog adalah bagian dari website. 


Untuk membuat blog sekarang sangat mudah dan gratis. Ada 2 platform yang paling banyak dipakai yaitu BLOGSPOT dan WORDPRESS. Kedua platform ini bebas digunakan untuk apa saja, termasuk jualan atau promosi produk. Berbeda dengan platform blog bersama seperti Kompasiana, Medium dan lain sebagainya. Ini hanya boleh untuk media jurnalistik, tidak untuk promosi produk. 


Penulis menyarankan menggunakan platform BLOGSPOT karena selain gratis, juga relatif mudah digunakannya. Caranya dengan mengakses ke laman www.blogger.com , lalu anda membuat akun blogger di situ, membuat blog baru dan mengikuti langkah selanjutnya. 


Contoh blog untuk bisnis dengan platform blogspot adalah sebagai berikut:

  1.  http://www.adaideaja.com/
  2. http://www.kelaskudigital.com/
  3. http://jilbaborin.blogspot.com 
  4. http://keripikbrowniessurabaya.blogspot.com


Coba anda klik satu per satu blog yang penulis sebutkan di atas. Dan amati bedanya. 

Ya, blog bisa dibentuk tampilannya beragam rupa sesuai dengan informasi yang ingin dibagikan. Blog juga bisa dijadikan tampak seperti website. Penulis menyebutnya, BLOG RASA WEBSITE.


Bagaimana agar bisa membuat blog seperti itu?

Tentu saja anda harus menguasai cara membuat blog dengan platform blogspot. Dan sekarang banyak sekali tutorialnya di internet jika anda ingin belajar sendiri. Bisa dari blog orang ataupun dari video tutorial di you tube. 


Kok bisa ada dua bentuk nama blog? ada yang berakhiran blogspot dan berakhiran (dot)com?

Ini nanti berkaitan dengan konsep redirect Top Level Domain. Dan ini juga mudah untuk dilakukan. 


Bagaimana agar tampilan blog bisa jadi seperti website?

Untuk hal ini, anda harus bisa memilih template blog yang sesuai dan memodifikasinya. Template gratis tersedia banyak. Penjual desain template blogspot yang bagus juga ada. Di sini anda perlu sedikit pengetahuan tentang coding HTML, agar tidak salah saat mengutak-atik template. 


Apakah blog ini berbayar?

Tidak. Dengan platform blogspot, semuanya gratis. Hanya saja ada batasan jumlah memori data yang bisa disimpan dengan "nebeng" ke hostingan blogger.com tersebut. Tapi sejauh pengalaman penulis menggunakan blogspot, asalkan tidak terlalu banyak video dan bisa compress pixel foto, maka jatah data masih cukup digunakan sampai bertahun-tahun. 


-

-sertakan alamat blog di banner anda, seperti ini.-


Apa keuntungannya menggunakan blog untuk bisnis?

1. Blog bisa dijadikan pusat informasi. Anda bisa meletakkan artikel tentang produk. Testimoni konsumen. Link untuk mengakses sosial media dan whatsapp. Juga lain sebagainya. 

2. Dengan menulis di blog, bisa membantu bisnis anda masuk ke HALAMAN PERTAMA GOOGLE. Konsep ini penting jika ingin bisnis anda muncul sebagai jawaban ketika ada calon konsumen mengetik sesuatu untuk mencari produk/jasa. Untuk hal ini anda perlu juga menguasai konsep SEO (Search Engine Optimatization).

3. Meningkatkan TRUST atau kepercayaan. Dengan promosi bisnis secara online, kita tidak bertatap langsung dengan konsumen. Mereka pun tidak bisa datang ke lokasi penjualan. Tidak bisa memegang produk. Maka satu-satunya cara membangun kepercayaan adalah menyajikan informasi secara visual. Dengan blog, hal in bisa dilakukan dengan leluasa. Anda bisa menggunakan tulisan, gambar desain, foto model dan video.


Dan masih banyak kegunaan serta trik yang bisa digunakan untuk strategi digital marketing menggunakan blog. Akan dilanjutkan ke artikel-artikel berikutnya.


Semoga bermanfaat. 

   Heni Prasetyorini

-Blogger Surabaya-


Bagikan ke :

Komentar

Perlu akses login!